LINEOpen

LINE
Enjoy Timeline even more in the app.

Global Navigation

Nizar HR

Nizar HR

87 posts

KOK NIKAHNYA ANEH BANGET SIH ITU


Beberapa masyarakat mungkin akan berkomentar seperti hal diatas ketika melihat dekorasi dan pelaksanaan pernikahan syar'i, yang dari awal sampai akhir benar2 berjalan diatas koridor sunnah. Berikut saya berikan ilustrasi percakapan tersebut dan cara menjawabnya :

# Kondisi mempelai laki-laki dan wanita
Tamu : "Mempelai laki-lakinya kemana? kok tidak ada di kursi pelaminan? Ini gimana mau salaman"
Panitia : "Tadi sudah adzan pak. Mempelai laki-lakinya sudah bergegas shalat berjama'ah di Masjid dahulu. Nanti akan segera kesini lagi..."
Tamu : "Wah padahal saya ingin langsung memberi ucapan selamat" 
Tamu : "Sabar pak. Katanya shalat jamaah itu wajib, sedang walimah sunnah. Beliau ingin mendahulukan yang wajib. Bapak bisa mengambil makanan dulu sembari menunggu"
Tamu : "Kalau mempelai wanitanya mana?" 
Panitia : "Beliau masih di kamar pak. Katanya malu kalau menyambut tamu tanpa sepengetahuan dan seizin suaminya. Pengennya bareng2, walau dipisah ruangan" 

# Kondisi menjelang akad
Penghulu : "Lhoh calon istrinya mana? kok tidak ada? Biar bisa dimulai akad nikahnya."
Mempelai laki-laki : "Calon istri saya memang di dalam kamar pak, bersama keluarganya. Belum dihalalkan untuk saya, jadi masih dipisah dulu. Tidak ikut akad"
Penghulu : "Wah, padahal cuma gitu doang lho pak" 
Mempelai laki-laki : "Maaf pak, kami berdua benar2 ingin menjaga rasa malu kami sampai akhir. Sampai akhirnya dia sah menjadi istri saya. Nah pak, monggo segera dimulai biar segera halal" 

# Kondisi di penerimaan tamu
Panitia : "Maaf pak, disini khusus untuk tamu wanita. Sedangkan untuk tamu laki-laki ikut lajur disana." •
Tamu : "Lho...kok tamunya dipisah begini? Istri saya bagaimana, dipisah juga? Nanti repot kalo ngajak pulangnya, apalagi dia bawa anak."
Panitia : "Dipisah biar tidak ada ikhtilat (campur baur). Itu permintaan dari kedua mempelai agar mereka tidak menjadi jalan dosa jikalau tamu ibu2 cantiknya diliatin sama tamu laki-lakinya. Kalo bapak mau panggil istri bapak, biar kami yang memanggilkan."
Tamu : "Lhoh, walimahannya kok sepi kayak kuburan? Biasanya bunyi musik2 dangdutnya keras..."
Panitia : "Maaf pak, insyaAllah pihak mempelai tidak memakainya agar tidak mengganggu hak2 tetangga yang ingin tetap khusyuk menjalankan rutinitasnya. Siapa tahu ada tetangga yang sakit sehingga bertambah parah ketika mendengar musik2 yang keras, yang distel sepanjang hari. Pihak mempelai tidak ingin berlaku dzalim."

# Kondisi ketika walimah
Tamu : "Kok duduk sendirian di pelaminan? istrinya mana mas? Lagi marahan?
Mempelai laki-laki : "Istri saya di ruangan sebelah khusus wanita melayani tamu-tamu wanita. Maklum dipisah ruangannya pak."
Tamu : "Nah saya kan ingin tahu seperti apa istri kamu? Ingin juga salaman dan memberi ucapan selamat"
Mempelai laki-laki: "Maaf pak, cemburunya saya besar pak, hehehe. Kalau datang tamu laki-laki yang lebih tampan, wah bisa-bisa nanti istri saya gak mau sama saya, jadi batal nikahnya. Hehe" 
Tamu diluar : "Mempelai laki-lakinya yang mana?"
Panitia : "Itu pak yang pakai baju koko putih dan bercelana cingkrang."
Tamu : "Oh.. saya kira tadi panitia juga. Kok mempelai laki-lakinya tidak di make up atau di dandanin kayak artis?" 
Panitia : "Mempelainya gak mau di dandanin secara berlebihan pak, katanya menyerupai (maaf) banci."
Tamu : "Walimahannya seram amat, masak pagar ayunya brewokan semua?"
Panitia : "Biar anti-mainstream pak" (Jawaban asal) XD

# Kondisi tamu pulang
Tamu : "MasyaAllah... Cinderamatanya berupa buku-buku islam dan dvd ceramah. Jarang2 seperti ini"
Panitia : "Iya mas. Kedua mempelainya sama2 suka ngaji soalnya" 
Tamu : "Tadi khutbah nikahnya bagus sekali. Manggil ustadz dari mana ya? saya ingin undang juga kalau ada kegiatan di rumah"
Panitia : "Itu mempelai laki-lakinya yang khutbah tadi."
Tamu : "Waduh, beliau ya. Maaf tadi saya duduk paling belakang jadi tidak tahu."

# Kondisi percakapan tamu dengan mempelai laki-laki 
Tamu : "Mas kenapa maharnya kecil sekali, padahal orang kaya."
Mempelai laki-laki : "Ini sudah lumayan besar pak. Jauh melebihi permintaan calon istri. Selebihnya uang yang tersisa nanti ingin kami pakai untuk berumah tangga, bangun usaha, pendidikan anak2 dan urusan jangka menengah serta panjang" 
Tamu : "MasyaAllah, sudah dipersiapkan sedemikian rupa. Tapi apa mas gak malu dikira tidak bisa menyelenggarakan walimahan yang mewah?" 
Mempelai laki-laki : "Segala harta kami hanya titipan Allah. Kalau kami nikah hanya untuk sekedar membuat orang lain senang, lalu apa gunanya saya menikah pak? Istri saya wanita yang shalihah, beliau berpesan ketika ta'aruf bahwa ingin walimah yang sederhana saja, selebihnya ditabung untuk bekal setelah menikah. Katanya, 'mas menikah tidak hanya urusan sehari, tapi seumur hidup'. Begitu, pak"
Tamu : "MasyaAllah, barakallahu laka wa baraka 'alaika wajama'a bainakuma fi khair. Selamat berbahagia mas dan istri. Semoga tetap teguh diatas sunnahnya" 
Mempelai laki-laki : "Aamiin ya rabbal 'alamiin" 

Akhukum fillah,
Al-Ghuroba
...See more

1096

Share List

  • 2

Log in to write a comment

Semoga bermanfaat

Yuk follow instagram seputar kuliah 👉 https://www.instagram.com/seputarkuliah/

❤ kamu mahasiswa baru? Mampir sini yuk 👉 https://goo.gl/oAgaAT

🎓 Gabung Komunitas Pejuang Beasiswa 👉 https://line.me/R/ti/p/%40ljj5740u

📲 Aplikasi KULIAH, BEASISWA & KARIR. GRATIS!!! UPDATE SETIAP HARI 👉 https://goo.gl/m3n7az
...See more

1127

Share List

Log in to write a comment

 
 
loading...

Encoding in progress. Please try again later.

 

inilah Soesilo Ananta Toer (adik Pramoedya Ananta Toer), seorang DOKTOR lulusan Russia yang sekarang jadi Pemulung di Tanah Airnya sendiri ☺ karena ijazahnya tidak diakui negara dan dituduh antek Orde Lama.

Emang bener kata orang, ketika lu pinter dan punya segudang prestasi cemerlang di luar negeri sana, mending gausah balik ke tanah air (kecuali kalo lu sekolah di luar negeri pake beasiswa dari negara eaa), karena realitanya banyak dari "mereka2" yang hidupnya sengsara di negeri sendiri bahkan nggak dihargai. Tapi itu semua pilihan lu, ini cuman pendapat, jangan anggep gw subversif, hhahahahaha

Mending jadi Pemulung dengan terhormat daripada NGEMIS sama negara 😊
...See more

24300

Share List

Really love it...See more

Log in to write a comment

Bismillah,
Tulisan ini sedikit banyak berkaitan dengan KKN, tetapi bersifat umum untuk kehidupan sehari-hari.
_
[Sangka Menyangka]
Pekan pertama KKN sudah hampir berlalu. Beberapa sifat teman mulai bermunculan. Bisa jadi itu sifat asli, bisa pula terbawa suasana. Bisa jadi responsif, bisa jadi penuh pertimbangan dibaliknya. Meskipun banyak yang bilang bahwa KKN akan menampakkan sifat asli seseorang, nyatanya hal itu tidak selalu terjadi. Sebagian pandai menjaga wibawa, sebagian lagi mungkin pandai mengenakan topeng. Toh manusia secara umum memiliki insting bertahan hidup dengan cara beradaptasi.

Berkenaan dengan hal tersebut, sering diantara kita yang seenak jidat melakukan labelling. Kalau pun tidak sampai labelling, banyak yang seenaknya menyangka yang aneh-aneh. Liar. Salah satu penyebabnya, termakan euforia. Seolah, apa kata mayoritas netijen tentang KKN adalah kebenaran mutlak yang pasti terjadi. Sungguh, apa yang banyak ditulis netijen semata hanya pengalaman, yang bisa saja terjadi pada kita, namun bisa juga tidak.

Terkadang, klarifikasi langsung bisa dilakukan. Menanyakan langsung pada yang bersangkutan. Namun pada banyak kasus, hal itu terasa berat. Nah, apabila memang dirasa berat, ya mundur saja. Mundur dan hapus prasangka. Jangan mundur dengan memendam semua prasangka.

Lebih-lebih lagi, apabila yang kau sangka-sangka adalah seseorang yang berilmu. Lebih-lebih lagi, apabila ia saudaramu. Kalau memang keliru, ingatkan. Kalau berat, mundur. Tapi ingat, jangan sembarangan menyangka, memendamnya, lantas bibit sangka yang kau pendam itu tumbuh menjadi sikapmu yang berubah kepadanya. Lebih-lebih kau sebarkan bau busuk prasangkamu.

Berhati-hatilah dengan berprasangka, terlebih lagi kepada orang yang berilmu.
_
Ibnu Qudamah al-Maqdisi berkata, “Tidak boleh engkau berprasangka buruk kepada saudaramu sesama muslim, kecuali jika terlihat sesuatu yang tidak mungkin lagi untuk ditakwil (dicari-cari alasannya). Jika seseorang yang adil mengabarkan kepadamu tentang hal itu, lalu hatimu condong untuk membenarkan maka engkau tidak bersalah. Karena jika engkau mendustakan, berarti engkau telah berburuk sangka terhadap orang yang mengabarkannya. Tidak pantas engkau berbaik sangka terhadap seseorang dan berburuk sangka terhadap orang lain, akan tetapi hendaknya engkau mencari tahu, apakah di antara keduanya ada permusuhan atau kedengkian. ”(Mukhtashor Minhajil Qashidin: 172)
_
*tulisan ini didasarkan pada nasihat yang pernah diterima oleh penulis, juga seorang kawan yang mengadukan suatu hal kepada penulis.
_
#repost tulisan lama dengan tambahan
...See more

4

Share List

Mas mba kkn...See more

  • 1

Log in to write a comment

I somehow have to repost this sunnahs to remind us about being kind in every case even the most simple thing! 😄 

Indeed, Allah is with those who are righteous and those who do good. (QS. An-Nahl (16): 128)


#CountingDownRamadhan1438H
#38DaysToGo
#LetsBePrepared 
...See more

13797

Share List

  • 3

Log in to write a comment

Ayo masuk wisma muslimah YPIA ...
.
Bismillah..
"Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah  kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Alhamdulillah,
PenerimaanWarga Baru Wisma Muslimah YPIA Periode Agustus 2018 telah dibuka 💐

🌻 Program Wisma 🌻
✅Hafalan Al-Qur'an
✅Hafalan Hadits 'Arbain
✅Hafalan Do’a Sehari-hari
✅Hafalan Matan Ushul Tsalatsah
✅Program Pendidikan Bahasa Arab dan Tahsin
✅Kajian Islam Ilmiah 

🌻 Persyaratan 🌻
✅Muslimah
✅Memiliki semangat menuntut ilmu syar’i
✅Berpakaian syar’i
✅Bersedia mentaati peraturan wisma
✅Lolos seleksi
✅Siap membantu kegiatan dakwah YPIA / FKKA

🌻 Alur Penerimaan 🌻
1⃣Pendaftaran via *
Whatsapp ke 085-228-016-597
dengan format:
Daftar Wisma#Nama lengkap#Usia#Kota Asal#Jurusan#
Fakultas#Universitas#Tahun Angkatan

2⃣Mengisi form online di:
bit.ly/daftarwismamuslimah

3⃣Membaca, mencetak, dan membawa berkas di bawah ini saat seleksi:
-bit.ly/peraturanwisma
-bit.ly/pernyataananggota

📌Form peraturan wisma dan surat pernyataan wajib dibawa saat seleksi wawancara

📌Periode pendaftaran online : 10 Juni - 25 Juni 2018

4⃣Mengikuti seleksi tertulis dan wawancara pada 7-8 Juli 2018

Tempat Seleksi:
🕌 Masjid Al Ashri, Pogung Rejo 
Jl. Selokan Mataram, Sinduadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta (Utara fakultas teknik UGM)
http://goo.gl/maps/XqLAYLcvcr52

5⃣Pengumuman hasil seleksi : 16-17 Juli 2018

🌷 Spesifikasi 🌷
🏡 Raudhatul 'Ilmi 1 :
3 x 3 m
10 Kamar, kosong 2
Rp 3.500.000/org/th
Sekamar 1 orang
Alamat : Pogung Dalangan SIA XVI No 40.RT 10 RW 50 Sinduadi, melati, Sleman.

🏡 Raudhatul 'Ilmi 2 :
2 x 2,4 m
8 Kamar, kosong 2
Rp 2.000.000/org/th
Sekamar 1 orang
Alamat : Pogung Dalangan SIA XVI No 40.RT 10 RW 50 Sinduadi, Mlati, Sleman.

🏡 Hilyah :
2 x 3 m
7 kamar, kosong 3 org
Rp 1.572.000/org/th
Sekamar wajib berdua
Alamat : Pogung Dalangan RT. 07 RW. 50, Sinduadi, Mlati, Sleman.

🏡 Qonitah :
2,5 x 2,5 m
21 kamar, kosong 6
Rp 3.500.000/org/th
Sekamar wajib 1 orang
Alamat : Pogung Dalangan RT 10, RW 50, No. 39, Sinduadi, Mlati, Sleman

🏡 Humaira :
2,5 x 3 m
7 kamar, kosong 1
2.250.000/org/th
Sekamar wajib berdua
Alamat : Pogung Lor RT 3 RW 46  No. 312, Sinduadi, Mlati, Sleman.

⚠ Catatan: Penempatan wisma adalah hak dari tim penyeleksi dan keputusan tidak dapat diganggu gugat

📱Kontak
HP : 085-228-016-597 (WA Only)
IG : @kemuslimahan_YPIA
FB : FKKA Yogyakarta
LINE: @QYK6278M
muslimah.or.id
...See more

28

Share List

Untuk memperbaiki negara bisa diwujudkan dengan memperbaiki wanitanya.. ...See more

Log in to write a comment

loading...

close

Tell us why you are sending us this report.

Reporting a chat or post will send the relevant user's info along with your 10 most recent chat messages with them or the post in question.

close

Copy the link below and add it to your website.

By posting embedded content on Timeline, you agree to the Terms and Conditions of Use for Embedding Content on LINE. Terms and Conditions of Use for Embedding Content on LINE